Neovim #1

Sebenarnya untuk editor teks berbasis CLI pada Linux sehari-hari aku menggunakan Vim. Sepanjang yang aku ingat aku gunakan Vim sejak versi 7. Saat Vim 8 keluar, aku bahkan enggak tahu kalau versi terbaru Vim ternyata sudah keluar. Berita yang lebih santer waktu itu adalah kelahiran Neovim sebagai bentuk kekecewaan terhadap cara pandang pengembang Vim yang kaku.

Dari penelusuran di Youtube, aku temukan satu video yang menjelaskan bahwa Vim 8 telah memiliki plugin installer sendiri. Sebelumnya, aku menggunakan Vundle dan Pathogen untuk instalasi berbagai plugin Vim. Dari hasil menonton video tadi, aku tertarik buat ngulik lagi editor Vim dan plugin-pluginnya.

Untuk penggunaan Vim dan plugin-nya yang paling ekstrem adalah menggunakan vimtex sebagai editor LaTeX di Linux. Motivasinya karena ingin menggunakan editor LaTeX yang ringan. Setelah berselancar di dunia maya, ternyata ada plugin yang mampu mengubah Vim menjadi editor LaTeX yang handal.

Saat ini aku mencoba untuk beralih ke Neovim karena kabarnya lebih handal ketimbang pendahulunya. Instalasi dilakukan di Ubuntu 20.04 menggunakan snap.

sudo snap install nvim --classic

Neovim dapat dijalankan dengan mengetikkan perintah nvim pada terminal. Mungkin buat kawan-kawan yang sudah terbiasa menggunakan perinta vim akan sangat terganggu dengan penambahan huruf n pada awalan perintah nvim. Untuk dapat menjalankan nvim meskipun kita mengetikkan vim pada terminal, perlu membuat alias pada snap dari nvim ke vim dengan cara :

sudo snap alias nvim vim

Sumber : https://stackoverflow.com/questions/65889273/how-do-i-add-nvim-to-update-alternatives-when-using-snap-under-ubuntu

Some needed package

sudo apt install curl

Python compatibility

pip install neovim
pip install neovim-remote

Tutorial

https://youtu.be/w7i4amO_zaE

Initial neovim configuration file in Runtime Path

$XDGCONFIGHOME/nvim
mkdir ~/.config/nvim
touch ~/.config/nvim/init.lua

Plugin manager + Fuzzy Finder

Grep in neovim

sudo apt install ripgrep
pip install -U jedi-language-server

Plugin manager

packer

  1. Map Leader
  2. Common Options
  3. Plugin manager
  4. Auto Complete

netrw

Cara masuk ke explorer (netrw):

  1. Dari shell : nvim
  2. Dari dalam nvim (normal mode) :Ex % untuk membuat file d untuk membuat folder

Map Key

,pv open Ex
,pf Fuzzy File Finder
,ps Grep File


You'll only receive email when they publish something new.

More from bhufsianm
All posts